Monday, August 29, 2016

Zaman Kolonial: Sejarah Seni Rupa Indonesia


Pada zaman ini banyak koloni-koloni Belanda yang datang untuk menjajah Indonesia sehingga disebut dengan zaman Kolonial. Pada masa ini, seni rupa Nusantara dipengaruhi oleh kebudayaan barat, contohnya yaitu munculnya pewarna kimia.
Pewarna kimia ini digunakan dalam pewarnaan baju atau kain seperti batik. Yang semula masyarakat Indonesia hanya mengenal pewarna alami menjadi mengenal pewarna kimia dari Belanda.
Selain itu, muncul ragam hias barat dan eropa. Ragam hias inipun terdapat juga pada kain batik, karena pada masa itu kain khas Indonesia memang batik. Motif-motif lokal menjadi bertambahkan campuran motif hias barat dan eropa. Misalnya terdapat gambar-gambar orang barat, motif hias yang bergambarkan kebudayaan barat seperti pakaian, kendaraan, motif-motif hias geometris barat dan eropa, dan sebagainya.
Contoh:

Pada masa ini juga muncul pelukis yang menggunakan teknik barat. Teknik barat misalnya melukis dengan menggunakan cat minyak yang berasal dari Belanda, menggunakan metode yang berasal dari negara-negara barat, dan sebagainya. Pelukis yang menggunakan metode dari barat ini contohnya adalah Raden Saleh Bustaman, kemudian berkembang terdapat tokoh-tokoh pelukis lain yaitu Henk Ngantung, Pringadi, Abdullah, Basuki Abdullah, dan lain-lain.
Lukisan Raden Saleh 1840

No comments:

Post a Comment